Email Marketing – Keuntungan & Kerugian dari Pemasaran Email

Email pemasaran adalah salah satu yang paling efektif saluran pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa anda. Setiap hari, perusahaan menggunakan email untuk melakukan bisnis. Jika anda tahu bagaimana merencanakan sebuah kampanye email, anda akan melihat hasil yang luar biasa dari itu. Meskipun pemasaran email memiliki banyak kelebihan, juga memiliki beberapa kelemahan juga.

salah Satu keuntungan yang paling penting dari pemasaran email adalah bahwa hal itu memungkinkan anda untuk menjangkau khalayak global dengan usaha minimal. Tidak ada batas geografis ketika datang ke pemasaran email. Meskipun masih mungkin untuk menjangkau khalayak global dengan offline lainnya saluran iklan seperti radio, TV dan media cetak lain, email marketing yang pasti termurah.

Ini adalah sangat murah untuk meluncurkan sebuah kampanye email bila dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya. Dalam kebanyakan kasus, anda sudah memiliki anda sendiri pelanggan. Jadi, anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan sebuah mailing list. Biaya untuk mengirim email adalah sangat rendah. Biasanya email akan dikenakan biaya kurang dari satu persen. Seperti yang anda lihat, biaya yang sangat minim untuk meluncurkan sebuah kampanye pemasaran email.

Namun, ada juga beberapa biaya yang terlibat dalam pemasaran email. Misalnya, ketika anda merencanakan sebuah kampanye email, jika anda tidak memiliki in-house desainer, anda perlu untuk menyewa orang lain untuk merancang sebuah HTML email template untuk anda. Biaya template akan tergantung pada siapa yang anda sewa. Juga, ada juga biaya yang terlibat untuk copywriting kampanye juga.

Sekarang, mari kita beralih ke yang lebih baik. Kelemahan terbesar dari email marketing adalah bahwa email anda kadang-kadang akan dianggap sebagai spam. Hari ini, orang-orang dibombardir dengan banyak email yang tidak diinginkan. Penyedia layanan Email telah mengambil tindakan untuk menegakkan lebih kuat filter spam. Meskipun spam filter yang baik untuk memblokir spam mail, kadang-kadang mereka juga memblokir email yang sah juga. Untuk mencegah hal ini terjadi, baris subjek dan isi email anda tidak harus menyiratkan bahwa mereka adalah spam. Hindari menggunakan kata-kata seperti “Gratis”, “Diskon”, “Kupon”, dll.

Ketika anda merencanakan kampanye email anda, pastikan bahwa isi dari email yang direncanakan dengan hati-hati. Email anda tidak harus selalu menjadi pitching tentang produk atau layanan anda. Menyediakan tips dan informasi untuk pelanggan anda sehingga mereka akan menemukan itu berguna untuk menginap di milis anda. Ketika pelanggan anda mempercayai anda, mereka akan lebih mudah menerima email promosi anda. Satu hal yang harus anda perhatikan adalah bahwa setiap email promosi kampanye harus menarik perhatian pelanggan anda untuk panggilan untuk bertindak. Harus ada yang menarik call to action pernyataan di email anda sehingga pelanggan anda dianjurkan untuk melakukan tindakan tertentu seperti membeli produk.

Cheow Yu Yuan adalah co-founder dari OOm, online marketing agency yang menyediakan layanan email marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *