Pentingnya Ekonomi

Ekonomi berkaitan dengan hukum dan prinsip yang mengatur fungsi ekonomi dan berbagai bagiannya. Ekonomi ada karena dua fakta dasar. Pertama, keinginan manusia akan barang dan jasa tidak terbatas dan kedua, sumber daya produktif untuk memproduksi barang dan jasa langka. Oleh karena itu, sebuah ekonomi harus memutuskan bagaimana menggunakan sumber daya yang langka untuk mendapatkan kepuasan maksimal dari anggota masyarakat. Inilah masalah kelangkaan mendasar yang memunculkan banyak masalah ekonomi.

Ada banyak kontroversi di kalangan ekonom tentang isi sebenarnya dari prinsip ekonomi atau subjeknya. Materi dan ruang lingkup ekonomi telah didefinisikan secara beragam. Setiap definisi tidak lengkap tidak memadai dan karena berbagai definisi yang saling bertentangan, beberapa kebingungan telah diciptakan mengenai sifat dan ruang lingkup ekonomi.

Materi pelajaran ekonomi telah dibagi menjadi dua bagian: ekonomi mikro dan makroekonomi. Dalam Mikroekonomi kita mempelajari perilaku ekonomi individu, perusahaan atau industri dalam ekonomi nasional. Dengan demikian, sebuah studi terhadap unit tertentu daripada gabungan semua unit. Kami terutama mempelajari hal-hal berikut dalam mikroekonomi:

1) Harga produk
2) Perilaku konsumen
3) Faktor harga
4) Kondisi ekonomi suatu bagian masyarakat
5) Studi tentang perusahaan dan
6) Lokasi sebuah industri.

Dalam ekonomi makro, kita mempelajari perilaku ekonomi agregat besar seperti kondisi ekonomi secara keseluruhan seperti total produksi, konsumsi total, penghematan total dan total investasi di dalamnya. Ini mencakup:

1) Pendapatan dan output nasional
2) Tingkat harga umum
3) Neraca perdagangan dan pembayaran
4) Nilai uang eksternal
5) Tabungan dan investasi dan
6) Ketenagakerjaan dan pertumbuhan ekonomi.

Masalah kelangkaan dan pengambilan keputusan dapat digambarkan dengan menggunakan alat kurva kemungkinan produksi. Masalah ekonomi dasar dari apa, bagaimana dan untuk siapa produksinya dapat dipecahkan dengan berbagai cara oleh ekonomi. Jika memberikan seluruh biaya ekonomi, kepada kepemilikan pribadi kita mendapatkan ekonomi kapitalis, untuk kepemilikan publik kita mendapatkan ekonomi sosialis dan bersama-sama dengan kepemilikan pribadi dan publik kita mendapatkan ekonomi campuran. Berjualan sembako merupakan salah satu contoh usaha kecil dalam menjalankan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *